Pengoptimalan Mesin Telusur Google (SEO) menjadi sedikit lebih sulit untuk dipahami dan diterapkan pada saat ini, semenjak Google merilis berbagai pembaruan algoritma baru. Akibatnya ada banyak situs web yang kehilangan peringkatnya, karena mereka masih mengikuti praktik SEO off-page yang salah dan ketinggalan zaman.

Pengoptimalan Mesin Telusur Google (SEO)

Sangat penting untuk mengidentifikasi apa yang TIDAK boleh Anda ikuti sehingga Anda dapat terhindar dari hukuman dan menerima peringkat yang lebih rendah (penalty). Dengan mengingat hal itu, berikut adalah praktik pengoptimalan di luar halaman yang dibenci dan dihukum Google, berdasarkan para ahli ada beberapa hal yang mesti dihindari.

Apa itu SEO Off-Page dan Google Penalty?

SEO Off-page adalah SEO off-site, tindakan yang kita lakukan di luar situs kita untuk meningkatkan peringkat website kita di halaman hasil mesin pencari Google berdasarkan keyword tertentu.

Adapun hukuman Google, ini telah dimulai sekitar 20 tahun yang lalu, ketika mereka merilis ekstensi toolbar pada bulan Desember 2000. Sejak itu, Google mulai memperbaiki kualitas hasil pencarian mereka, menghilangkan konten berkualitas buruk, dan meningkatkan kualitas yang lebih tinggi ke bagian atas halaman peringkat mesin pencari.

Dan di sinilah hukuman secara resmi berlaku. Pada tahun 2012, pembaruan Penguin dirilis, mencapai lebih dari 1 dari 10 hasil penelusuran dalam beberapa jam, bahkan menghapus situs web dari laman hasil penelusuran sepenuhnya. Ini mendorong konten berkualitas buruk menjauh, memaksa pakar SEO untuk menyusun strategi dengan hati-hati tentang konten mereka.

Hukuman semacam itu bisa otomatis atau manual. Dengan penalti manual, kemungkinan besar Anda akan diberi tahu, tetapi biasanya, Anda tidak akan tahu bahwa Anda menjadi sasaran karena penyebab hukumannya adalah algoritmik. Mungkin mengejutkan para profesional SEO yang berpengalaman!

Ada berbagai faktor yang menunjukkan bahwa situs web Anda telah dihukum, seperti:

Situs web Anda tidak lagi memiliki peringkat yang baik untuk nama merek Anda
Posisi halaman pertama yang dimiliki halaman web Anda bergeser kembali ke halaman selanjutnya tanpa Anda mengambil tindakan apa pun
Alat ukur seperti PageRank turun dari 2-3 menjadi 0-1
Situs web Anda telah dihapus dari hasil pencarian cache Google
Saat Anda menjalankan pencarian situs, kata kunci Anda tidak memberikan hasil
tampilan beranda situs web Anda ,melainkan yang tampil adalah halaman situs web Anda

Praktik Pengoptimalan Luar Halaman yang di Benci Google

Karena Google mengubah algoritma mereka secara teratur, teknik SEO yang mungkin berhasil sebelumnya sebenarnya bisa menjadi hukuman hari ini. Pengembang dan pemasar SEO melakukan yang terbaik untuk tetap diperbarui dan dengan cepat mengubah strategi mereka berdasarkan perubahan tersebut. Anda harus mengikutinya, dimulai dengan mengetahui teknik apa yang harus dihindari, yaitu sebagai berikut:

1. Pengiriman Direktori

Pengiriman direktori dulunya adalah teknik SEO off-page yang efektif saat algoritme Google tidak cukup “pintar”. Saat ini, algoritma Google bahkan lebih pintar, membuat pengiriman direktori membuang-buang waktu.

Pengiriman direktori web cukup berbahaya dalam hal peringkat. Menurut survei Moz pada 2.678 direktori, sekitar 20% dilarang atau dikenai sanksi oleh Google! Selain itu, 50% direktori web gratis telah di-deindex oleh mesin pencari.

Mengapa?

Situs web pengiriman direktori memiliki skor spam yang lebih tinggi karena banyak situs web berkualitas rendah dengan skor spam yang tinggi dikirimkan ke direktori. Penilai kualitas mesin telusur Google juga merekomendasikan berhenti melakukan pengiriman direktori sebagai teknik SEO di luar halaman.

2. Pengiriman Artikel

Ini adalah metode lain yang tidak disarankan Google untuk Anda lakukan, karena ini adalah teknik SEO off-halaman yang tidak relevan. Dulu ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan popularitas blog Anda, mengarahkan lalu lintas ke artikel. Namun, ini bukan sumber yang baik saat mendapatkan tautan balik ke situs Anda.

Bagaimana bisa?

Direktori artikel terkadang menerbitkan artikel berisi spam dan ditulis dengan buruk yang berasal dari penulis acak. Saat melakukan praktik ini, ini mengurangi otoritas halaman direktori. Karena ada kemungkinan konten duplikat dari penulis yang tidak dikenal, algoritma Google akan mendeteksi direktori ini sebagai sumber yang tidak setia, menghapusnya.

3. Jual Beli Backlink

Ini sekarang disebut sebagai teknik SEO topi hitam menurut pedoman webmaster Google. Ini juga merupakan teknik yang berisiko, karena Google AKAN mengetahui bahwa Anda membeli atau menjual tautan tepat waktu, jadi jangan pernah melakukan ini!

Jika pernah, mesin telusur Google akan menghukum situs web Anda, menyebabkan Anda kehilangan semua peringkat dan peringkat domain Anda. Dan keluar dari hukuman semacam itu adalah tugas yang rumit dan memakan waktu yang lama.

Dari semua teknik yang disebutkan, hindari melakukan ini dengan cara apa pun.

4. Menggunakan Jaringan Blog Pribadi (PBN)

Ini adalah teknik lain yang tidak disukai Google. Jika Anda tidak terbiasa dengan PBN, itu adalah sekelompok blog atau situs web di bawah kendali Anda, dengan blog atau situs ini yang terhubung kembali ke situs web utama Anda.

Katakanlah Anda memiliki lima situs web yang Anda kontrol, yang ditautkan ke situs web utama Anda untuk mendapatkan peringkat di halaman hasil mesin pencari Google. Meskipun ini mungkin merupakan strategi yang baik sebelumnya, Google sekarang lebih pintar dan akan menghukum semua situs web Anda, seperti yang akan mereka lakukan dengan mereka yang membeli atau menjual tautan

5. Pertukaran Tautan

Google juga tidak suka situs web yang mempromosikan pertukaran tautan, seperti “tautkan ke saya dan saya akan menautkan Anda”, seperti pertukaran. Meskipun penautan silang atau pertukaran tautan adalah strategi yang baik, melakukannya secara berlebihan tidak disarankan.

Sebaliknya, Anda dapat melakukan penautan silang minimal, menggunakan strategi yang cermat, yang dapat menguntungkan situs web dan peringkat SEO Anda. Tetapi lebih baik lagi, hindari penautan silang sepenuhnya, karena mungkin terlalu berlebihan dan berisiko dihukum oleh Google.

6. Komentar Spamming

Saat menggunakan komentar sebagai sumber rujukan untuk situs web Anda, ini mungkin membantu Anda. Komentar blog yang mengarahkan lalu lintas rujukan ke blog atau situs web hanya efektif jika relevan dengan blog yang dibaca orang.

Tetapi jika Anda hanya mencoba mendapatkan peringkat SEO dengan mengomentari tautan Anda di blog acak, maka itu hanya membuang-buang waktu. 99% link di bagian komentar akan ditandai sebagai “No-Follow.”

Anda tidak akan mendapatkan jus tautan dari tautan apa pun yang Anda tinggalkan di bagian komentar artikel atau blog, karena Google tidak akan melacak tautan tersebut. Faktanya, melakukan ini hanya untuk pembuatan tautan dikenal sebagai spam komentar, oleh karena itu pembuatan tag “jangan ikuti” di Google.

Anda dapat menautkan situs web Anda pada posting blog yang relevan, tetapi jangan melakukannya sepanjang waktu, karena dapat mengganggu pembaca dan tidak akan banyak membantu Anda.

7. Memasukkan Kata Kunci

Menambahkan kata kunci yang relevan penting saat membuat dan menerbitkan konten. Dengan begitu, Google dapat melihat situs web Anda, dan pengunjung akan melihat halaman web Anda saat mencari dengan kata kunci atau frasa tertentu.

Namun, hari ini, konten adalah raja , bahkan lebih daripada menggunakan kata kunci. Google benar-benar akan menghukum situs web yang terus memasukkan kata kunci yang berlebihan di seluruh konten mereka sampai-sampai postingan artikelnya tidak masuk akal lagi.

Kuncinya adalah menambahkan kata kunci secara strategis dan memastikan bahwa itu cocok dengan konten Anda, menambahkan penelitian cadangan, memeriksa ulang kesalahan tata bahasa, dan memastikan bahwa itu menarik bagi pembaca.

Kesimpulan

Menyadari apa yang tidak boleh Anda lakukan untuk SEO sama pentingnya dengan mengetahui praktik apa yang harus diikuti. Ini dapat mencegah Anda dari hukuman dan mendapatkan peringkat yang lebih rendah dari teknik SEO yang sudah ketinggalan zaman, dan juga akan membuat Anda menghindari membuang-buang waktu dan uang untuk praktik yang tidak akan berhasil.

Dengan menemukan wawasan dari praktik pengoptimalan di luar halaman ini yang dipandang rendah oleh Google. Jika Anda masih melakukan salah satu teknik ini, hentikan sekarang juga dan manfaatkan upaya Anda untuk meningkatkan peringkat mesin pencari Anda sekarang dengan mengikuti perkembangan algoritma terapan Webmaster Google saat ini.

Sekian .

 


1 Komentar

Komentar ditutup.

id Bahasa Indonesia
X
<Addurl.nu>
Enable Notifications    OK No thanks